Selamat Datang Para Alumni SMU P@nbat T.A - 03 and Visitor....
Selamat Menikmati seluruh fasilitas yang tersedia di blogger ini..
Menu Blog
myspace layouts

myspace comments

Monday 12 January 2009

Malas Yang Mengganggu

Malas Yang Mengganggu


Hampir semua orang dihinggapi oleh rasa malas. Malas seringkali mengganggu seseorang untuk berprestasi. Malas menjangkiti semua orang tanpa mengenal umur, tanpa mengenal jabatan. Pelajar, mahasiswa, karyawan, guru, dosen apapun profesinya pernah dihinggapi bahkan sering dihinggapi rasa malas. Apa sebenarnya malas itu?

Pada dasarnya di dalam diri setiap orang ada 2 bagian yang saling bertentangan tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu membuat si tuannya menjadi bahagia (enjoy). Saya mendefinisikannya menjadi 2 pikiran yaitu pikiran sadar & pikiran bawah sadar. Lalu apa hubungannya dengan malas? Ya malas adalah salah satu bagian di dalam diri kita yang tersimpan di dalam pikiran bawah sadar.

Seperti telah beberapa waktu yg lalu sering saya singgung bahwa pikiran sadar memegang kendali atas diri kita hampir 90% dan pikiran sadar hanya 10%nya saja. Akibatnya jika kedua bagian itu tidak sinkron saling bersinergi maka bagian dari pikiran bawah sadar akan selalu memenangkan pertempuran antar 2 bagian tersebut.

Nggak percaya? Baiklah saya akan berikan contoh yang sederhana saja. Setiap orang pasti ingin dirinya sehat bukan? Ingin sehat adalah berada di pikiran sadar dimana untuk sehat ia ingin bangun pagi untuk jalan pagi. Namun saat bangun pagi muncul rasa malas, dimana rasa malas adalah bagian di dalam pikiran bawah sadar yang menyebabkan mengurungkan niat untuk jalan dan melanjutkan tidur.

Contoh sederhana diatas menunjukkan bahwa ketidaksesuaian antara pikiran sadar & pikiran bawah sadar akan selalu dimenangkan oleh pikiran bawah sadar. Artinya jika malas selalu dipelihara makaia akan selalu menang dalam setiap pertempuran. Lalu bagaimana mensiasatinya? Ya tentunya harus dibuat kesesuaian antara keinginan di pikiran sadar dengan program yg tepat dan mendukung di pikiran bawah sadarnya.

Caranya? Baiklah saya berikan caranya untuk contoh sederhana tersebut yg bisa anda kembangkan sendiri untuk kasusu yg lain baik dalam bidang studi, pekerjaan, kewirausahaan dll yang sangat berpengaruh oada kinerja dan prestasi anda. Kembali pada contoh sederhana tadi, disaat anda ingin sehat dan ingin untuk bisa bangun pagi untuk jalan2, maka di malam menjelang tidur lakukan sbb:
- Niatkan kembali keinginan anda untuk bangun pagi
- Fokuskan pada result keinginan anda (sehat wal afiat)
- Bayangkan fokus result anda tsb dg manfaat sehat misal(tampilan fisik, keuangan, keluarga bahagia dll)
- Ajaklah pikiran bawah sadar anda untuk mendukung imajinasi anda.

Demikian sedikit sharing dari saya semoga menbantu untuk anda program sendiri pikiran bawah sadar dg hal-hal lain yang lebih bermanfaat untuk merealisasikan keinginan-keinginan anda. Lakukanlah untuk hal-hal / keinginan anda yang simple, sehingga keberhasilan anda akan mengedukasi pikiran bawah sadar untuk meraih keinginan anda selanjutnya

Selamat mencoba