Selamat Datang Para Alumni SMU P@nbat T.A - 03 and Visitor....
Selamat Menikmati seluruh fasilitas yang tersedia di blogger ini..
Menu Blog
myspace layouts

myspace comments

Monday 12 January 2009

Hiu Kecil & Nelayan Jepang




Orang Jepang terkenal sebagai penggemar makanan berbahan dasar ikan segar. Mereka selalu menginginkan cita rasa ikan yang segar dan bukan ikan yg sudah mati. Karena alasan tersebut nelayan di Jepang berusaha mencari jalan keluar terbaik. Untuk mengatasi hal tersebut nelayan-nelayan tersebut sering membawa Freezer supaya ikan hasil tangkapan mereka tetap segar. Namun upaya tsb tidak memuaskan pelanggan penikmat ikan segar.

Langkah selanjutnya yang ditempuh oleh para nelayan adalah dengan membawa tangki yang agak besar saat melaut, dimana ikan hasil tangkapan akan disimpan di tangki-tangi tersebut. Ikan-ikan itu dijejalkan dalm tangki tersebut, akibatnya setelah sekian lama ikan tersebut berdesak-desakan dan sling bertabarkan ikan menjadi lemas namun tetap hidup saat dibawa ke pantai. Namun sekali lagi para penikmat ikan segar tidak suka menikmati ikan yang lemas karena cita rasa yang berkurang.

Akhirnya para nelayan di Jepang menemukan sebuah ide luar biasa dimana mereka tidak memasukkan ikan terlalu banyak di tangki yang mereka bawa sekaligus memasukkan seekor ikan hiu kecil. Mengapa ikan hiu? Jawabnya adalah ikan hiu tersebut memang memakan ikan di dalm tangki tetapi jumlahnya tidak banyak, sementara ikan-ikan yang lain akan terus bergerak karena dikejar-kejar hiu kecil tadi. Ikan hasil tangkapan menjadi selalu siaga dan tanpa disadari sudah terangkut menuju ke pantai. Dan alhasil ikan tangkapan menjadi tetap segar. Para penikmat ikan segarpun merasa puas akan hasil tangkapan nelayan-nelayan Jepan tersebut.

Pelajaran apa dari cerita diatas? Ya ternyata tantangan dan masalah menandakan bahwa kita masih hidup. Tantangan membuat seseorag semakin matang dan dewasa dalam perkembangan mentalnya.Tantangan ysng dijalani dengan baik akan memberikan pembelajaran yg terbaik di dalam kehidupan seseorang.

Anak yang selalu mendapatkan fasilitas dari orang tuanya akan sulit untuk mandiri dan memiliki mentalitas yang rapuh. Karyawan yang bekerja dalam rutinitas dan tidak ada tantangan akan mematikan kompetensi yang dia punya sehingga pada akhirnya terjangkit demotivasi.

Ketika merasa belum ada tantangan berarti di dalam kehidupan, maka saatnya kita menghadirkan hiu-hiu kecil di kehidupan kita. Sukses selalu ....